Menyembunyikan Iklan BBM Android

BBM merupakan salah satu aplikasi dan layanan perpesanan yang sampai saat ini masih banyak penggunanya, terlebih setelah pihak Blackberry merilis aplikasi untuk platform Android, iOS, dan Windows Phone. Saya termasuk salah satu pengguna BBM, namun tidak menggunakan gadget Blackberry. Di awal kehadirannya di perangkat selain Blackberry, aplikasi BBM tersedia tanpa adanya iklan. Sedangkan kini berbeda, di kolom BBM Feeds selain menampilkan aktifitas kontak disitu juga terselip iklan yang bisa dibilang cukup mengganggu.

Meski pihak Blackberry menyediakan layanan berlangganan untuk menghilangkan iklan tersebut, tapi saya yakin mayoritas pengguna Android dan iOS yang memakai BBM enggan untuk berlangganan. Karena keterbukaan platform Android dan cenderung relatif lebih mudah untuk dioprek atau istilah gaulnya oprek-able kita bisa menggunakan trik kecil untu menghilangkan, hmmm lebih tepatnya menyembunyikan iklan tersebut. Penasaran? Lanjut baca ya! ^_^

Oke oke, kita masuk ke inti pembahasan dan sudahi basa-basinya. Caranya cukup mudah, syarat pertama adalah pastikan perangkat Android sudah di-root. Hal ini diperlukan karena kita perlu akses untuk sistem Android. Selanjutnya pastikan Anda memiliki aplikasi file manager yang bisa mengubah permission, saya menggunakan Root Explorer, atau jika ingin menggunakan aplikasi gratis bisa menggunakan Es File Explorer.

Matikan atau force stop terlebih dahulu aplikasi BBM yang sedang berjalan, kemudian untuk BBM versi 2.9.x masuk ke alamat folder berikut:

/data/data/com.bbm/files/bbmcore

Atau untuk BBM versi dibawah 2.9.x foldernya ada di:

/data/data/com.bbm/files

Selanjutnya ubah permission menjadi unreadable dan unwritable (octal 0000) untuk folder dan file berikut:

- adsImages
- ads.db
- ads.db-journal
- bbmads.cfg

Ingat, folder dan file tersebut jangan dihapus cukup mengubah permission saja! Lebih jelasnya silahkan lihat lampriran gambar dibawah:

Sekian, dan selamat menikmati BBM bebas iklan ^_^.